Ide Bisnis: Budidaya Jamur Tiram

Alhamdulillah akhirnya posting juga. Beberapa waktu yang lalu sambil bersilaturahmi ke rumah seorang sahabat, member  mastermind C3T, merupakan kunjungan perdana saya ke rumah beliau. Dialah ibu Roes pemilik toko Al Qiada Muslim Corner.  Tujuan awal hanyalah ingin belajar tentang budidaya jamur tiram kepada suami beliau.

Jamur Tiram

Dari hasil diskusi tersebut saya akan sharing melalui posting berikut ini. Bagi pemula yang ingin memulai usaha ini cukup menyediakan tempat yang lembab. Untuk itu dibutuhkan bibit jamur yang ditampung dalam kantung yang disebut baglog yang telah diisi dengan media tempat tumbuhnya jamur. Setiap baglog memiliki umur 6 bulan dengan masa panen 3 kali, masing-masing baglog mampu menghasilkan sedikitnya 1-2 ons.

Harga pasaran jamur tiram ini saat ini sekitar 6.500 rupiah / kg, mungkin bisa lebih mahal lagi. Karena dibeberapa pasar ada yang menjual jamur tiram tsb. dengan harga 12.000 rupiah /kg.

Cara perawatan jamur ini ternyata cukup mudah, meskipun jamur tiram tidak luput dari serangan hama. Ada tips dari pak Prapto (suami bu Roes) yang cukup murah ketimbang menggunakan zat kimia, yaitu dengan menggunakan air micin atau air beras. Selain itu juga harus dijaga kelembaban udara disekitarnya. Bag log maupun jamur juga tidak boleh terkena air secara langsung karena akan jamur akan menjadi layu.

Ternyata kandugan gizi jamur tiram tidak kalah jika dibandingkan dengan jenis sayuran yang lain.kandungan protein berkisar 30.4 , kandungan lemak 2.2,karbohidrat 58.6,serat 8.7,Kalori 345 dan kandungan kalsium berkisar 3.3,sedangkan untuk analisa medikal jamur tiram bisa menekan kolesterol jahat dalam darah ,untuk penderita hypertensi sangat disarankan.dan jamur tiram yag kaya serat akan menyerap kelebihan kadar gula di dalam darah bagi penderita diabetes melitus.

Bagaimana cara mendapatkan bibit tsb ? Mau tau lebih lanjut tentang budidaya jamur tiram, silahkan kunjungi http://www.jamurlestari.com. Atau bisa juga menggunakan search engine dengan keyword : jamur tiram putih.

Selamat mencoba…

Iklan
Ide Bisnis: Budidaya Jamur Tiram

17 pemikiran pada “Ide Bisnis: Budidaya Jamur Tiram

  1. Wah bagus banget mas postinganya..
    bisa biat tugas kuliah aku.. dan sekalian praktek..
    makasih ya..and salam kenal.
    semangat terus untuk berkarya..

  2. Salam mas Leo, saya Deddy baru akan memulai bisnis jamur di Jogjakarta. Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan seputar bisnis jamur.
    1. Apa saja yang harus saya lakukan sebelum memulai bisnis jamur ini?
    2. Jika ada sistem penanaman modal dalam bisnis jamur saya, bagaimana sebaiknya pembagian hasil yang baik?

    Saya menunggu balasan email dari anda, Terima kasih.

  3. wahyu berkata:

    salam sejahtera, pa leo perkenalkan nama saya wahyu, pa leo bisa bantu saya tentang informasi cara budidaya jamur tiram beserta cara mendapat bibit yang baik..thanks

    1. Bu Indy, kalau beli bibit bisa di search di google, kalau ibu lokasi dekat daerah passar rebo dan sekitarnya boleh menghubungi ibu Roes owner dari blog Al-Qiada Muslim Corner, atau ibu dapat pesan langsung ke Jamur Lestari yang pusatnya terletak di Solo, cabang terdekatnya ada di Sukabumi. Demikian bu, semoga bermanfaat.

    2. Ketinggalan, modal yang dibutuhkan dapat disesuaikan kebutuhan bu. Khususnya untuk bibit / baglog jamur, harganya kisaran Rp 2500,- (dua ribu lima ratus rupiah) per bag. Jadi kalau untuk ujicoba ibu dapat membeli secukupnya. Yang perlu disiapkan adalah tempatnya, karena membutuhkan ruangan yang lembab. Untuk di kota besar, seperti pengalaman teman saya yang memiliki kolam ikan, dia membuatkan tempat khusus diatas kolam tsb. sebagai wadah untuk menyimpan baglog-baglognya. Ada juga yang membuatkan rak-rak di dalam kamar mandi.

  4. sonny berkata:

    mau tanya.. bagaimana cara untuk menentukan bahwa tempat budidaya jamur tersebutsudah cukup lembab atau belum? dan untuk menyediakan tempat yang cukup lembab untuk budidaya jamur bagaimana? apakah ada treatment khusus?? terimakasih.. =)

    1. Pak Sonny, lembab parameternya kurang lebih dingin dan berair barangkali ya pak 🙂 Contohnya kamar mandi, yang jelas harus teduh dan tidak panas pak. Kalau tidak punya tempat semacam itu ya terpaksa di kamar mandi, atau di masukan ke dalam ruangan ber-ac pak. Selain itu untuk menjaga kelembaban bapak bisa melakukan penyemprotan (botol semprot tanaman) agar sekedar membasahi bag lognya saja, yang penting jangan sampai kering. Penyemprotan biasanya pagi dan sore. Demikian pak sejauh yang saya ketahui, semoga bermanfaat.

  5. Bachrudin berkata:

    Maaf pak numpang iklan, jazakumullah khoir.
    Perkenalkan kami UD.Bangkit Plastik Sejahtera Semarang memproduksi dan menjual cincin baglog jamur,plastik pp,sepatu meja/kursi,tutup galon air isi ulang ,T dos,
    I dos,tutup nosel tabung gas dan menerima pesanan.Bagi rekan2 yg berminat bisa hub. kami (Bachrudin) dinomor: 085865292882, 081901238701. email: bangkitplastik@gmail.com Trimakasih.
    Tgg 2cm hrg rp 50/bj, tgg 3cm hrg rp 55/bj.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s